Jumat, 13 Januari 2012

Cara Melatih Konsentrasi

Sebenarnya tidak ada rahasia khusus dalam melatih konsentrasi anda, karena pada dasarnya melatih konsentrasi adalah dilakukan dengan MEMPERHATIKAN (secara seksama). Jika selama ini anda merasa bahwa anda sangat sulit untuk berkonsentrasi dan selalu mengalami konsentrasi yang terpecah, mungkin hal itu disebabkan karena anda terbiasa untuk tidak pernah memperhatikan segala sesuatunya dengan seksama.
Bagaimana anda tahu bahwa anda tidak pernah memperhatikan dengan seksama?. Mari kita lihat latihan berikut ini:
Coba ambil benda apapun di sekitar anda. (sambil anda menikmati tulisan ini, mungkin anda bisa mengambil secangkir kopi di depan meja anda).
Kami asumsikan bahwa anda sekarang memegang cangkir. Sekarang lakukanlah hal-hal berikut:
  1. Perhatikan gelas tersebut beberapa saat (2 menit saja cukup)
  2. Setelah 2 (dua) menit berlalu, maka segera letakkan lagi gelas/cangkir tersebut ke tempat asalnya (anda minum dulu juga tidak apa-apa, karena permainan ini tidak ada pantangan makan dan minum).
  3. Setelah anda letakkan (tentunya tidak ada acara intip mengintip lagi), lakukanlah kegiatan yang lain (membaca-baca beberapa postingan diblog ini, misalnya). Lakukanlah selama 2 menit.
  4. Setelah semuanya sudah, coba jawab pertanyaan di bawah ini:
  • Apa warna dasar cangkir tadi?
  • Apakah ada gambar di cangkir itu? (jika ada, gambar apa itu?)
  • Jika tidak ada gambar, apakah cangkir tersebut ada motif atau semacamnya? (motif bunga, misalnya….?)
  • Selain warna dasar yang tadi anda sebutkan (jika anda berhasil menyebutkan). Ada berapa warna lagi di cangkir tersebut? (sebutkan secara lengkap).
Sekarang anda bisa mencocokan jawaban anda dengan kembali melihat cangkir/gelas tersebut. Coba hitung dengan jujur kesalahan anda. Jika ada pertanyaan yang tidak terjawab dengan lengkap, maka hal itu membuktikan bahwa anda belum benar-benar memperhatikan dengan baik. Jika anda sudah mampu menjawab semua pertanyaan di atas dengan baik, maka kami ucapkan selamat. Karena artinya anda cukup memiliki pengamatan yang baik.
Inti dari melatih konsentrasi adalah melatih perhatian anda. Semakin anda sering memperhatikan sesuatu secara mendetil/seksama, maka semakin baik konsentrasi anda. Anda boleh memilih untuk menertawakan permainan sederhana ini. Namun Anda juga boleh memilih untuk percaya pada permainan ini. Latihan ini memang tampak biasa- biasa saja. Namun Jika anda benar-benar berkeinginan kuat untuk mengubah kemampuan konsentrasi anda, maka cobalah mulai berlatih dengan latihan-latihan dasar semacam itu.

Sumber : digg.com

10 komentar:

  1. caranya susah-susah gampang ya
    butuh konsentrasi beneran nih

    BalasHapus
  2. aku dah coba, ternyata susah ya nglatih konsentrasi haha

    BalasHapus
  3. makasih gan tipsnya, akhir2 ini ane susah konsentrasi nih

    BalasHapus
  4. kdang waktu lagi fokus tiba2 aja masuk pikiran yang mengganggu

    BalasHapus
  5. keliatannya gampang.. tp kl dah dilakuin susahh

    BalasHapus
  6. bener gan. keliatannya sepele tp sebenernya berguna buat ngelatih konsentrasi

    BalasHapus
  7. sepele.. tp berarti jika dilakukan rutin

    BalasHapus