OpenGL (Open Graphics Library) adalah suatu standar API yang
digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik,baik untuk 2 dimensi
(2D) atau 3 dimensi (3D). OpenGL dapat berjalan berbagai perangkat keras
dan bahasa pemrograman. OpenGL mempunyai banyak pustaka untuk membuat
grafik dengan berbagai model dan bentuk seperti permukaan quadratic atau
kurva NURBS. Pustaka standar ini disebut OpenGL Unit Library Toolkit(Glut).
Didalam Glut tersebut sudah terdapat berbagai fungsi, mulai aplikasi
windows (windowing) sampai aplikasi grafik lainnya, sehingga tidak
repot-repot mengubah kode progam jika diterapkan pada sistem operasi dan
perangkat lunak yang berbeda.
Untuk membuat program OpenGL ini, kita membutuhkan kompailer dan
editor . Untuk bahasa pemrograman C++, bisa menggunakan perangkat lunak
CodeBlock, Eclipse, Microsoft Visual C++ dan lain-lain. Semua perangkat
lunak diatas merupakan IDE (Integrated Development Environment) yang
didalamnya sudah ada editor kode program, compiler atau interpreter atau
link ke compiler atau interpreter, builder dan debuger.
Instalasi CodeBlock C++
Download CodeBlock C++ di sini
, pilih codeblocks-10.05mingw-setup.exe. Setelah di download, klik 2
kali pada file dan ikuti proses install sampai dengan selesai.
Instalasi OpenGL Unit Library Glut
Download Glut di sini, kemudian ekstrak file tersebut. Setelah di ekstrak akan terlihat folder glut-3.7.6-bin dengan beberapa file glut di dalamnya. Lakukan langkah-langkah berikut untuk meng-Copy file dalam folder glut-3.7.6-bin, yaitu
- Copy glut32.dll ke dalam folder C:\Windows\System32
- Copy glut.h ke dalam folder C:\Program Files\CodeBlocks\MinGW\include\GL
- Copy glut32.lib ke dalam folder C:\Program Files\CodeBlocks\MinGW\lib
Setting OpenGl di CodeBlocks dan Project 1 OpenGL
Sekarang jalan kan Program CodeBlocks untuk mensetting link
librarynya agar ketika menulis code program dan mengkompile dikenal oleh
IDE CodeBlocks.
1. Setelah Program CodeBlock dibuka, maka klik Menu File > New > Project..
Pada New From Template box pilih OpenGL project dan klik tombol Go.
2. Kemudian tentukan nama file dan Folder akan disimpan kode program dan ikuti wizard dengan mengklik tombol Next sampai muncul muncul tombol Finish.
3. Setelah mengklik tombol Finish maka akan terbentuk project dengan nama project yang ada buat, dibawahnya ada folder Source dengan sebuah file main.c
4. Kemudian klik Menu Settings>Compiler and Debuger.. Maka akan muncul kotak Global Compiler Settings.
Kemudian klik Linker Setting. Klik tombol Add untuk menambah setting library yang berada di C:\Program Files\CodeBlocks\MinGW\lib\glut32.lib;
Setelah tombol Ok diklik maka akan terlihat seperti gambar di bawah
Kemudian klik Linker Setting. Klik tombol Add untuk menambah setting library yang berada di C:\Program Files\CodeBlocks\MinGW\lib\glut32.lib;
Setelah tombol Ok diklik maka akan terlihat seperti gambar di bawah
5. Kemudian klik tombol Ok. Seterusnya buka program main.c, hapus isinya ganti dengan program di bawah ini.
#include <windows.h>
6. Untuk melihat hasilnya Klik Menu Build > Build Ctl+F9, kemudian Klik Menu Build > Run Ctrl+F10. Maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini.#include <gl/glut.h> void Draw() { glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); glColor3f(1.0, 1.0, 1.0); glBegin(GL_LINES); glVertex3f(0.25, 0.25, 0.0); glVertex3f(0.75, 0.75, 0.0); glEnd(); glFlush(); } void Initialize() { glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0); glMatrixMode(GL_PROJECTION); glLoadIdentity(); glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0); } int main(int iArgc, char** cppArgv) { glutInit(&iArgc, cppArgv); glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB); glutInitWindowSize(250, 250); glutInitWindowPosition(200, 200); glutCreateWindow("Lesson 1"); Initialize(); glutDisplayFunc(Draw); glutMainLoop(); return 0; }
Sumber : http://zacknov.wordpress.com/2011/09/10/pemrograman-opengl-dan-setting-di-codeblock-c/
Kita juga mempunyai jurnal mengenai OpenGL, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
BalasHapushttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3308/1/Teknik%20Cube%20Mapping%20.pdf
Semoga bermanfaat ;)